Sidebar Sample Text

Kamis, 14 Oktober 2010

Konfigurasi Windows dengan Regedit

Akhirnya mulai ngeblog lagi setelah lama vacum di dunia blogger, well dalam postingan kali ini saya akan bahas tentang konfigurasi windows secara manual melalui program default bawaan windows hyup "Regedit.exe"

Mungkin sebagian dari pembaca udah pada tahu manfaat dan kegunaan Regedit .exe, tapi saya yakin banget kalo masih ada pembaca yang belum tahu tentang manfaat dan kegunaan Regedit.exe ini.
Ok, Regedit adalah program default bawaan windows yang berfungsi sebagai program penyimpan sekaligus pengkonfigurasian registry-registry pada OS windows.
dari situ kita bisa memanfaatkan kegunaan Regedit.exe untuk konfigurasi OS windows kita sesuai kebutuhan.

Bagaimana menggunakan Regedit.exe :
1. Membuka Regedit
Klik Start – Run lalu ketik regedit pada kotak isian Open lalu klik OK




Atau klik kanan pada menu start lalu pilih explore buka partisi C: lalu pilih windows dan cari Regedit.




2. Membuat dan menghapus Key
Klik kanan icon folder pada tree yang di dalamnya ingin dibuat key baru lalu klik New - Key dan beri nama sesuai yang pembaca inginkan. Jika pembaca ingin menghapusnya klik key yang dimaksud lalu tekan tombol Delete. Lalu Pilih yes pada kotak dialog yang muncul


3. Membuat, Merubah dan Menghapus String
Klik key di mana di dalam key tersebut akan dibuat string. Klik kanan di sembarang tempat pada jendela sebelah kanan. Klik New – String Value lalu beri nama string tersebut. Untuk merubah nama stringnya lagi klik kanan pada nama string yang dimaksud lalu klik rename dan ubah namanya. Jika ingin merubah datanya, double klik pada nama string yang dimaksud, masukkan data lalu klik OK. Jika anda ingin menghapusnya klik string yang dimaksud lalu tekan tombol Delete. Pilih yes pada kotak dialog yang muncul. Cara barusan juga dapat digunakan untuk DWORD, Binary, Multi-String dan Expendable String.


Beberapa contoh konfigurasi windows :

A. Mengganti nama My Computer pada Desktop

1. Buka HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\CLSID\
2. Lalu Buat key baru dengan nama {20D04FE0-3AEA-1069-A2D8-08002B30309D}
3. Ganti data value pada string (default) dengan nama komputer yang pembaca inginkan misalnya FAMI lalu klik ok. Nah jadi dech nama My computer anda telah berubah.





B. Mengganti Wallpaper Additional Directory

Bagi para pembaca yang suka gonta-ganti wallpaper, mungkin konfigurasi registry dibawah ini dapat membantu.

1. Buka HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\
2. Ganti data pada string WallPaperDir menjadi letak direktori yang sobat blogger mau nah abis itu klik ok. Setelah diklik coba para sobat klik kanan pad desktopnya lalu pilih properties kemudian pilih desktop lalu liat dech sekarang direktorinya langsung pada folder yang sobat blogger tulis.



C. Menonaktifkan Peringatan Low Disk Space

Pasti para sobat blogger merasa terganggukan karena ada peringatan hardisk anda penuh? Coba dech lakukan cara konfigurasi dibawah ini.
1. Buka HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\
2. Buat DWORD baru bernama NoLowDiskSpaceChecks lalu masukkan angka 1 pada datanya.


Well sekarang pembaca udah pada tahu kan fungsi dan manfaatnya, meskipun saya ngasih contoh cuman 3 semoga postingan saya ini bermanfaat bagi para pembaca.

Selamat mencoba

Singkatan :

1. HKCR = HKEY_CURENT_ROOT


2. HKCU = HKEY_CURRENT_USER 















SELAMAT MENCOBA

Artikel Terkait di Bawah posting

0 komentar:

LOGIN

Template by : JON'S